Pingin wisata sambil sarapan? Pasar Kaki Langit Mangunan Layak Kamu Coba

By rubikomugglo - April 10, 2018



Sudah lama rasanya saya tidak mengunggah cerita jalan-jalan ya? Kali ini saya akan cerita tentang sebuah tempat yang unik. Baru baru ini saya mengunjungi pasar tradisional yang berada di selatan kota Yogyakarta. Pasar ini sedang terkenal di dunia maya karena konsepnya yang unik, beda dari yang lain pokoknya. Yuk, kita kenal lebih dekat Pasar yang bernama Kakilangit ini.

Pasar Kakilangit ini berlokasi di daerah Mangunan, Bantul. Jika kita berangkat menggunakan motor dari pusat kota Jogja, mungkin menghabiskan waktu sekitar 30 menit perjalanan. Saya jujur kurang tau juga mengapa pasar ini dinamakan Kakilangit, mungkin ya karena nama daerah sekitar sini. Berdekatan dengan pasar ini, terdapat tempat wisata sunrise yang menggunakan nama yang sama yakni Kakilangit.



Pasar Kakilangit ini baru-baru saja hits di dunia maya, mungkin satu tahun belakangan. Pasar ini hanya buka pada akhir pekan saja, yakni hari Sabtu dan Minggu dari pukul 07.00 - habis sekitar pukul 12.00. Kalau dari arah Jogja, pasar ini terletak di sebelah kanan jalan sebelum pertigaan antara Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Mangunan.

Saya kemudian memarkir kendaraan dan menuju sebuah gazebo di mana ada seseorang penjaga berdiri menggunakan baju lurik lengkap dengan blangkonnya. Setelah bertanya, barulah saya tau bahwa kita tidak bisa langsung membeli semua masakan disini dengan uang kertas. Uang yang kita bawa harus ditukar terlebih dahulu dengan kepingan kayu yang bertuliskan angka-angka. Kepingan kayu inilah yang dijadikan alat barter untuk membeli makanan yang ada di seluruh wilayah pasar ini. Unik kan? Tempat menaruh uangnya juga lucu, terbuat dari batik jumputan yang diwarna indigo.



Setelah menukarkan uang, saya dan pacar lalu berkeliling mencari makanan yang ingin dibeli. Satu hal unik yang kami temui adalah, di pasar ini kuliner yang dijualbelikan adalah kuliner tradisional khas Mangunan / Bantul. Saya memesan Miedes dan Mie Lethek, kuliner yang jarang saya temui di wilayah kota Yogyakarta. Menyenangkan sekali melihat pasar yang sangat instagramable menawarkan kuliner khas, bercitarasa otentik tradisional sebagai pusat perhatian dari pasar ini. Suasana pasar ini juga sangat nyaman, selagi kami menyantap makanan ada sekelompok orang menabuh gamelan serta diiringi suara pohon yang bergesekan dan burung yang bersahutan. Ah, tak rugi rasanya sedikit pergi keluar untuk mengalihkan diri dari bisingnya kota Jogja. Yuk, main ke pasar Kaki Langit Mangunan



  • Share:

You Might Also Like

1 comments