Mie Ayam Om Karman

By rubikomugglo - January 29, 2016


Jogja pada siang hari sedang panas-panasnya. Saya, landung dan Adib memang punya janji untuk menjajal salah satu bakul mie ayam yang cukup terkenal di wilayah Jogja selatan. Mie Ayam Om Karman namanya. Terletak di Jalan Parangtritis-Cepit, ancer ancer kalau mau ke tempat ini yaitu dari Jalan Parangtritis terus ke selatan sampai ke pertigaan yang ada pos polisinya di kanan jalan (dekat dengan pertigaan rumah paris/desa wisata tembi), dari pertigaan itu ambil ke arah barat. Terus saja mengikuti jalan, nanti bakulnya berada di kanan / utara jalan tersebut.

Dari luar, warungnya sangat ramai, beberapa kursi yang tersedia penuh ditempati pelanggan, tempatnya tidak terlalu besar, sekitar 4x6m mungkin. Saya dan landung memesan Mie Ayam Bakso, dan adib menyusul dengan memesan Mie Ayam. Seperti mie ayam jawa kebanyakan, warna kuahnya coklat dengan rasa manis dan gurih yang wajar, tidak terlalu kencang. Ciri khas dari bakul mie ayam ini adalah loncang (daun bawang) cincang yang disediakan sebagai tambahan, kalau dicampur bisa menambah tekstur dan aroma yang menambah cita rasa mie ayam. Tambahan lainnya yang juga unik adalah bakso goreng yang ukurannya lumayan besar, bakso goreng ini renyah diluar tapi sangat empuk didalam, cocok dicocol dengan kuah mie ayam. Ada satu kekurangan mie ayam ini, kurang kalau pesen cuma 1 porsi.

Harga mie ayam ini juga lumayan murah, Rp.11.000 untuk seporsi mie ayam bakso. Sebagai catatan, datanglah pada siang hari karena sore biasanya sudah habis, dan loncang cincangnya juga biasanya sudah habis. Dicatat baik baik, kalau ke bakul ini cobalah baksonya, enak ! 


  • Share:

You Might Also Like

0 comments