Mie Ayam Sendowo Pak Wiyono

By rubikomugglo - January 21, 2016


Mie Ayam Pak Wiyono atau lebih terkenal atau sering disebut Mie Ayam Sendowo ini berlokasi di daerah Sendowo, dekat dengan Rumah Sakit Sardjito. Tempatnya nyempil, sedikit masuk masuk ke jalan kecil, juga sangat sederhana, berukuran tak lebih dari 4x4m, tetapi yang istimewa selalu penuh oleh pelanggan yang tak henti-hentinya datang. Untuk menuju ke bakul mie ayam ini, carilah Bank Mandiri UGM, diselatannya persis ada jalan, ambil jalan itu dan terus ke arah barat sampai ketemu SD Percobaan, terus lagi kearah barat sampe ketemu BatuRaden Residence kalau tidak salah, terus lagi kebarat dan ketemu pertigaan, lalu ambil arah utara, lalu gerobak mie ayam berwarna putih pun kelihatan sudah.


Mie ayam yang dijual disini adalah jenis mie ayam jawa kalau boleh saya bilang, bercitarasa gurih dan manis serta berkuah coklat yang penuh dengan bumbu. Pembeda Mie Ayam Sendowo ini dengan mie ayam lainnya adalah penambahan basreng (bakso goreng) dalam semangkuk mie ayamnya, mie yang dipakai pun lebih tebal daripada mie ayam lainnya, sehingga selain mengenyangkan ada sensasi renyah yang sangat menyenangkan terjadi di mulut. Bisa dilihat dari foto, porsinya sangat besar, nggak heran banyak anak kos yang jadi pembeli mie ayam ini.


Mie ayam pak wiyono ini mempunyai 3 station, pertama station Bakso, kedua Mie Ayam, dan ketiga station minuman. Ketika saya pesan mie ayam spesial, saya sangat menyukai kerjasama antara bapak dan ibu penjual karena mie nya direbus dan dibumbui di station mie ayam, setelah itu mie ayam diserahkan ke bapak dan diberikan sedikit ba'so goreng, bakso bunder dan kuah bakso. Setelah itu bapak yang mengantarkan ke saya. Tempat mereka kecil, tak lebih dari 4x4 tapi kerjasamanya luar biasa. Kompor yang digunakan pun berbeda, di station mie ayam kompor yang digunakan adalah kompor bertekanan tinggi untuk mempercepat proses perebusan mie, sedangkan di stasion bakso yang digunakan adalah anglo dengan arang untuk menambah aroma dan panas yang konsisten sehingga kuah bakso tetap panas dan lebih sedap.


Sudah lihat kan harga mie ayamnya, seporsi mie ayam spesial 8.500 rupiah, murah banget! dengan rasa yang enak dan porsi yang besar pula. Pertanyaan yang muncul dikepala saya adalah berapa banyak margin atau untung yang didapat dari semangkuk mie ayam ya? Tempatnya nyempil, pak wiyono pun tidak terlalu paham instagram, twitter, internet untuk mempromosikan makanannya saya asumsikan. Kapasitas warungnya hanya 16 orang maksimal, ada 4 kursi yang satu kursinya maksimal 4 orang. Dengan kondisi yang saya sebutkan tadi, saya sangat kagum dengan beliau karena menjual makanan dengan harga sebegitu murah dan rasa yang sangat enak. Terimakasih pak, salut dari saya. Terakhir, ada satu nilai yang selalu saya percaya ketika tinggal di Jogja, senyempil atau semblasuk apapun rumah makan, kalau dia enak, pasti akan ada yang datang.

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Yahuddddd.... Boleh dicoba nih.. :D

    ReplyDelete
  2. favorit banget ini..mie ayam pak wiyono apalagi pake bakso goreng

    ReplyDelete