Mangut Lele di Tengah Kota

By rubikomugglo - June 13, 2016



Mangut Lele. Makanan yang akhir-akhir ini naik daun dikarenakan kelezatan dan gurihnya panganan tersebut. Tetapi kalau menyebut mangut lele, pikiran kita lalu terasosiasikan dengan daerah asal makanan ini yaitu Bantul. Malam tadi, teman saya Mas Latif merekomendasikan mangut lele tapi tidak berlokasi di Bantul, tetapi berlokasi di tengah kota Jogja, tepatnya di Pasar Ngasem.

Warung yang menjual mangut lele ini terletak di utara pasar ngasem, diseberang toko kaos Aqila. Warungnya kecil, berbentuk angkringan, dan agak gelap. Ketika saya duduk didalamnya, angkringan ini sedikit berbeda dengan angkringan lainnya. Biasa angkringan hanya menjual nasi kucing dan lauk yang standar semacam gorengan, sate, dan baceman. Disini ada beberapa menu tambahan yang tidak ada di angkringan lain, semacam tuna asam pedas, mangut lele, oseng terong, oseng daun pepaya, serta ayam bumbu pedas.


Malam itu saya bersama dengan teman-teman akberjogja menikmati kudapan di angkringan itu. Saya memilih makan nasi mangut lele ditambah oseng terong dan beberapa gorengan. Soal rasa, enak ! Lelenya gede dan daginynya lembut, dimasak dengan sangat baik. Berbeda dengan penyajian mangut lele di warung lainnya di bantul, yang disuguhkan disini hanya lele saja, tidak bersama dengan sayuran rebus pendampingnya. Saya tidak sempat mengabadikan gambarnya karena keterbatasan cahaya. Silahkan dicoba, kalau kalian ingin mangut lele tapi malas untuk pergi jauh keselatan. Harganya murah, saya habis 16 ribu rupiah. Sudah kenyang banget.





  • Share:

You Might Also Like

0 comments