Pesta Kepiting di Pesisir Jogjakarta

By rubikomugglo - November 06, 2016


Jogjakarta adalah kota yang serba ada. Wisata belanjanya sangat terkenal sampai seantero Indonesia, wisata alamnya indah luar biasa, wisata budayanya sangat terjaga. Pada akhir pekan, saya dan saudara senang untuk pergi bertamasya ke pesisir Jogjakarta. Tempat yang kami tuju kali ini adalah Pantai Gesing. Pantai Gesing terletak pada sisi selatan agak ke timur wilayah DIY. Pantai ini tidak terlalu ramai, sehingga menjadi tempat yang tepat untuk sejenak pergi dari hiruk pikuk kota. Waktu yang ditempuh untuk mencapai pantai ini juga tidak terlalu jauh, sekitar 1 jam perjalanan.



Pantai ini tidak terlalu ramai dikarenakan memang bukan tempat utama wisata Pantai. Para pelancong biasanya lebih memilih untuk menyambangi Pantai Parangtritis ataupun Pantai Indrayanti, yang memang telah menjadi landmarknya wisata pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta. Walaupun begitu, bukan berarti Pantai Gesing ini tidak indah, bahkan tempat ini sangat indah. Pantai yang bersih tidak ada sampah, pasirnya putih dan halus, karang besar yang mengapit bubur pantai, serta beberapa perahu nelayan menjadikan suasana di pantai ini sangat khas.

Sepinya pantai menjadi berkah bagi kami, dikarenakan kami bisa sesuka hati bermain air dan pasir. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, tidak seperti di Pantai Selatan yang lain. Kami dengan nyaman bisa berenang dan berlarian. Di sekitar pantai juga sudah tersedia tempat ganti, dan mandi sehingga tidak perlu pikir dua kali untuk langsung nyebur ke dalam air.



Setelah puas bermain di pantai, rasa lapar pun melanda. Selain menyediakan tempat mandi dan ganti baju, di sekitar pantai Gesing ini banyak sekali warung makan yang menjajakan hidangan laut. Di Pantai Gesing ini ternyata juga ada TPI (Tempat Pelelangan Ikan), setelah nelayan pulang dari laut, mereka langsung bisa menjual hasil laut yang mereka dapat disini. Para warung sekitar juga sering membeli dari TPI ini. Saudara saya lalu merekomendasikan untuk makan di Pantai Gesing ini saja, mencoba masakan dari warung sekitar. Kami lalu memesan kepiting pada siang itu. Tidak tanggung-tanggung, sekitar 2 kg kepiting kami pesan. Dimasak menjadi 3 cara, asam manis, pedas manis, dan rebus. Kami berenam langsung menyantap kepiting yang ada tanpa basa basi, sebakul nasi panas ditambah sambal bawang memang menambah nikmatnya makan siang kami itu.

Kepitingnya dimasak dengan sangat baik, kepitingnya manis dan terasa sangat segar. Dagingnya kenyal. Bumbunya pun berani ! Finger licking good ! Siang itu kami merasa sangat puas karena lelalh bermain air, terbayar dengan masakan yang sangat enak. Mungkin ini adalah contoh yang sangat baik dimana pantai, warung, dan nelayan dekat dengan TPI. TPI disini berperan menjadi tempat dimana semua elemen itu bertemu. Para nelayan bisa mendapatkan uang dengan cepat karena bisa langsung menjual hasil lautnya yang masih segar, dan warung mendapatkan bahan mentah yang sangat segar sehingga kualitas makanannya pun menjadi sangat baik. Pantai Gesing memberikan kesan bahwa makanan laut ketika berasal dari bahan utama yang sangat segar dan diolah sangat baik, bisa terasa sangat enak. Harga dari kepiting yang kami makan juga tidak terlalu mahal. Tidak menguras kantong. Menyenangkan. Kalau mau menikmati olahan hasil laut yang sangat menggoyang lidah, saya sangat menyarankan untuk mengunjungi Pantai Gesing ini. Terbaik !

  • Share:

You Might Also Like

2 comments