#JalanJalan : 1000 pendaki di Gunung Andong

By rubikomugglo - March 22, 2015


Sabtu, 21 Maret 2015 aku dan teman teman dari Kelas Inspirasi Jogja @KI_Yogya dan @CahSeloYK_ merencanakan sebuah perjalanan. Setelah berunding, terpilihlah tujuan kita adalah Gunung Andong yang terletak di Magelang. Jarak Gunung Andong dari Jogja tidak terlalu jauh, sekitar dua jam perjalanan. Dari Artos Magelang ambil arah kanan, lalu ikuti saja jalan menuju kopeng, sampai gerbang pasar ngeblak belok kiri, jalan terus lalu ikuti saja plang sampai ke basecamp Girirejo.


Sampai di basecamp jam sudah menunjukkan pukul 23.00 WIB, kami berencana mendaki sekitar pukul dua dini hari. Di basecamp kami beristirahat sejenak, sambil mempersiapkan logistik pendakian, tidak lupa main kartu sambil menyeruput susu coklat hangat. Pukul 02.00 WIB kami lalu mulai muncak, sebelum ke atas di gerbang saya sempat menanyakan kepada penjaga sudah berapa orang yang mendaki, jawabannya mencengangkan, 1000 orang sedang berada di Gunung Andong ! Gila !


Menurut saya, jalur pendakian gunung andong tidak terlalu sulit, juga tidak terlalu panjang, sekitar 2 jam sudah bisa sampai puncak, sepanjang perjalanan kita disuguhi pemandangan yang sangat indah, ketika sudah ditengah jalan dan melihat kebelakang ada gunung merbabu yang sangat gagah dengan foreground petak-petak sawah yang hijau. Sampai puncak, kami kesulitan menemukan tempat untuk membuat tenda sehingga kami hanya duduk di pinggir tebing gunung andong sambil menunggu matahari terbit. Menakjubkan, mungkin itu satu kata yang paling pantas untuk mendeskripsikan keindahan matahari yang mulai perlahan timbul dibalik awan, warna jingga kemerahan, samudra diatas awan, merbabu serta sawah sawah yang ada. Gunung Andong emang juara ! Tapi ada satu yang kekurangan yang saya lihat kemaren. Puncak gunung andong banyak sampahnya ! Jangan sampe kita nikmatin alamnya tapi lupa menjaganya ya !  



  • Share:

You Might Also Like

0 comments