#Rockfishing : Goa Langse, Jogjakarta

By rubikomugglo - March 25, 2015


Indonesia begitu kaya, begitu banyak orang bilang. Saya pribadi sangat setuju dengan kalimat tersebut. Mungkin kita yang terlalu acuh untuk tidak menjelajahinya. Kali ini adalah pengalaman saya soal #rockfishing, olahraga yang sangat marak di pesisir Jogjakarta. Ini pengalaman kedua saya rockfishing, sebelumnya sudah pernah mencicipinya di awon-awon. Goa Langse merupakan tempat yang cukup ekstrim dengan jurang dan tebing sebagai teman perjalanan kita. Salah sedikit, nyawa melayang. Goa Langse terletak disebelah barat Pantai Parangtritis, ikuti saja jalan aspal ke arah barat lalu sampai ke pertigaan, ambil menuju arah Queen of south resort, naik saja terus, sampai ada landasan Parangndog, terus saja ikuti saja jalannya, sampai ke parkiran. Kita harus berjalan sekitar satu jam dari parkiran ke Goa Langse yang berada di bawah tebing ini. Harus siapkan fisik, karena jalurnya kebanyakan tangga dan kita harus berpijak ke batu dan berpegangan ke akar-akar pohon.


Perjalanan belum selesai, untuk mencapai spot mancing kita harus mendaki lagi karang dan harus menyeberang dengan tangga tanpa pengaman apapun, sangat berbahaya tapi seru. Kalau jatuh, ya bisa mati karena tingginya puluhan meter. Sampai dispot, saya kaget karena spotnya ya karang, hanya lebih dekat dengan permukaan air laut. Kalau ombak menghempas, karang bergetar. Tapi disini saya bisa melihat matahari dengan sangat jelas, tepat dipelupuk mata, bulat, secara berkala pulang ke peraduan.


Tidur diatas karang yang tajam, tanpa selimut, digigit oleh nyamuk di seluruh badan merupakan pengalaman yang lumayan unik, karena tidak setiap hari bisa dapet pengalaman seperti itu. Pagi disini juga indah, kalau beruntung kita bisa melihat monyet liar disekitar Goa. Soal mancing, abang saya berhasil mendapat sidat laut yang panjangnya 1.6 meter, gede banget ! saya dapet yang puluhan centi saja, itupun sudah ngos-ngosan. Abang saya pakai teknik dasaran, resikonya banyak yang nyangkut, berkali kali putus karena nyangkut di karang. Sebaiknya disini memancing menggunakan teknik popping, tapi abang saya belum berani karena kalau dimakan sama yang besar, bisa bisa abang saya yang nyemplung ketemu nyi roro kidul.


  • Share:

You Might Also Like

0 comments