#Kopi : V60 di WikiKopi

By rubikomugglo - March 24, 2015



Semalam saya main-main ke WikiKopi, sebuah warung kopi yang terletak di Lantai 2 Pasar Kranggan (Barat Tugu Yogyakarta). Tempatnya berada paling pojok sebelah timur dilantai 2 tersebut. Tempatnya asik, bisa lesehan, duduk dikursi, tetapi lebih nikmat kalau dihabiskan dengan main kartu sebagai teman ngopi. WikiKopi menjual beberapa varian kopi single origin dengan beberapa metode penyeduhan seperti V60, Aero Press, Tubruk, dan Vietnam Drip. Harganya Rp. 10.000/gelas. Buat yang pingin tau lebih banyak tentang penyeduhan single origin, bisa langsung konsultasi ke mbaknya ini, baik banget orangnya.


Saya bukan penggemar fanatik kopi, beberapa bulan lalu saya malah membenci kopi, tidak pernah meminumnya, memalingkan muka darinya, tidak akan pernah menjatuhkan pilihan untuk memesannya dalam daftar menu sebuah kafe. Tetapi, berkat ajakan teman dan terus mencoba sedikit demi sedikit saya mulai menemukan nikmatnya kopi, walau belum sampai kadar yang fanatik, tapi kadar kebencian itu mulai pudar. Rasa kopi ialah antara pahit dan asam, dua itu yang paling dominan menurut saya yang awam ini. Tapi rasa pahit dan asam itulah yang menjadi pengingat, sepeti layaknya hidup, bahwa hidup tak hanya manis, kadang ada asamnya, kadang ada pahitnya, dan rasa rasa itulah yang membuat hidup itu sempurna. Tak usah ditambah gula, nikmatilah kopi seperti semestinya, nikmati asamnya, pahitnya,  karena pahit dan asam adalah rasa terbaik dari sebuah kopi.


Jika yang suci selalu bening, maka tidak akan pernah ada kopi diantara kita ~ Sudjiwo Tedjo

  • Share:

You Might Also Like

0 comments